Salah satu indikator sukses upaya pemberantasan korupsi andalah
meningkatnya kualitas pelayanan publik. Oleh karena itu, pengawasan
terhadap sektor pelayanan publik ini mutlak diperlukan untuk menjamin
rakyat benar-benar mendapatkan haknya.
ICW tak pernah berhenti
mengawasi pemerintah sebagai penyedia layanan publik. Agar gaung dan
manfaatnya lebih besar, lembaga ini mengajak masyarakat untuk turut
berpartisipasi. Mereka, para pengguna layanan publik, diajak untuk
memonitor kulitas pelayanan dan manajemen dana untuk mencegah terjadinya
penyelewengan.Pemantauan kualitas pelayanan publik berbasis masyarakat
terorganisir bertujuan mewujudkan keadilan sosial dalam pelayanan
publik.
Selama beberapa waktu terakhir ini, ICW fokus terhadap
pelayaan publik di sektor kesehatan, pendidikan, dan pelaksanaan ibadah
haji.
Sumber : Indonesia Corruption Watch (ICW)